Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Mengenal Desa Anjun lewat Kerajinan Keramik

Mengenal Desa Anjun lewat Kerajinan Keramik

Kamis, 9 September 2023 - Potensi unggulan yang dimiliki Desa Anjun ialah Kerajinan Keramik. Siapa yang tidak mengenal Keramik dari Desa Anjun ini, pesonanya pun sudah merambah hingga mancanegara. Namun itu cerita lama, sekarang eksistensinya mengalami kemerosotan dimakan zaman. Meski demikian, pengrajin Keramik masih konsisten untuk terus berkarya dan menjadikannya sebagai usaha komersil. Masih banyak pengrajin yang menggantungkan hidupnya pada usaha keramik ini. Mereka adalah ibu-ibu lanjut usia yang mengisi waktunya untuk menjadi pengrajin sebagai penghasilan tambahan bahkan utama. Banyak pengrajin keramik Anjun yang menjadi kontibutor utama untuk kebutuhan Vas bunga, Pot, Pendil, dan Kendi untuk kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Medan bahkan Aceh. 

Dimulai dengan Pengolahan bahan yaitu tanah liat melalui proses penggilingan perpaduan 3 komposisi tanah yang berkualitas. Tahap pembentukan tanah liat dengan berbagai teknik, seperti teknik pemijatan dengan meja putar. Tahap pengeringan di bawah sinar matahari atau suhu ruang. Tahap pembakaran. dan yang terakhir Tahap pengecatan serta Finishing. Proses pembuatan keramik yang cukup memakan waktu memang membutuhkan ketekunan dan keuletan, maka dari itu sudah seyogyanya nilai jual yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Desa Anjun sebagai sentra keramik tentu harus mampu membaca peluang ini sebagai  kesempatan yang menguntungkan. Selain meningkatkan perekonomian masyarakat, kerajinan ini juga menjadi salah satu cara melestarikan budaya hasil cipta karsa nenek moyang. "harapannya ya semoga semakin banyak generasi muda yang tertarik dan minat terjun melanjutkan kerajinan keramik ini" ungkap Pak Hari, pengrajin pengecatan keramik. Semoga dengan adanya publikasi yang lebih meluas serta pengembangan nilai mutu dan kualitas keramik, semakin meningkatkan daya saing dan nilai jual keramik di kalangan masyarakat. 

-ipdn31bkp2023

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler